IKIGAI - BIKIN HIDUP LEBIH " H I D U P"

IKIGAI – The Value of Life

PS: Kamu bisa membaca lebih banyak artikel tentang Ikigai; silahkan searching.
Berikut adalah beberapa point yang saya rangkum versi saya.

-        “ It is believed that everyone has an ikigai, although not everyone has yet understood, discovered or developed it. “ Jadi, kita semua memiliki ikigai, tetapi tak semua punya waktu untuk berfikir atau sekedar merenung tentang perjalanan hidup dalam pengembaraan di dunia ini.



-        Kata “Iki” bisa diartikan sebagai “Kehidupan”, dan kata “Gai” bisa diartikan sebagai “Nilai”. Jadi Ikigai bisa diartikan secara sederhana sebagai “Nilai Kehidupan”.


-        Ikigai adalah persilangan dari 3 konsep, yakni nilai-nilai anda, hal-hal yang anda suka kerjakan, dan hal-hal yang anda kuasai.

-        ikigai sering diasosiasikan dengan diagram Venn dengan empat kualitas yang saling beririsan: apa yang anda sukai, apa yang anda kuasai, apa yang dibutuhkan dunia, dan apa yang dibayar dari anda.

-        ikigai mirip dengan "kebahagiaan" namun memiliki perbedaan yang halus dalam nuansanya. Ikigai adalah hal yang membuat anda melihat maju ke masa depan meski saat ini anda menderita. (Ada unsur Optimisme; membuat seseorang lebih visioner).

-        dengan memahami ikigai, kita akan lebih mudah percaya bahwa mengumpulkan kebahagiaan-kebahagiaan kecil dalam kehidupan sehari-hari akan membuat hidup kita lebih berarti dan penuh.


-        Ikigai membuat para tetua merasa berkewajiban meneruskan kebijaksanaan mereka ke generasi lebih muda. Hal tersebut memberikan para tetua tujuan hidup di luar diri mereka, yakni melayani komunitas mereka. Para tetua bisa membagikan wisdom dari pengalaman hidup mereka; tentang perjalanan yang telah mereka tempuh dan tantangan yang telah dihadapi semasa hidup mereka. Semua itu pastinya akan menjadi bekal yang sangat berharga bagi generasi penerusnya.



Comments

Popular posts from this blog

GEOSAINS : TSUNAMI FLORES 12 DESEMBER 1992

TENTANG REPTIL DAN MAMALIA (LEADERSHIP)

MY TRIP TO AN INCREDIBLY BLUE AND CRYSTAL CLEAR ‘DANAU KACO’, KERINCI