#LEXTRIP | BENGKULU : SEMALAM DI BUKIT KABA

A MISTY MORNING IN MYSTICAL MOUNT KABA

Saya telah berdomisili di kabupaten Kepahiang, Bengkulu, sejak Desember 2012, tetapi baru hari ini saya berkesempatan untuk mendaki dan mencapai puncak Gunung Kaba (Mount Kaba), atau "Bukit Kaba" yang cukup terkenal di provinsi Bengkulu.

Gunung Kaba sesungguhnya adalah gunung api dengan tipe Stratovolcano yang berlokasi di Kabupaten Rejang Lebong dengan ketinggian 1.938 mdpl. Menurut catatan dari web volcano.si.edu, terakhir kali Alert Level pada Gunung api ini pada tanggal 20 Oktober 2009.


*Sebelum menuju pos pendakian, saya mampir dulu di salah satu spot di daerah Curup, Rejang Lebong dengan tendensi mengeksplore sisi lain danau Mas Harun Bestari yang luasnya + 3.600 Hektar tersebut. Sisi lain ini maksudnya dari angle yang berbeda, yang sebelumnya belum pernah saya lakukan. Danau Mas ini menjadi salah satu wisata alam yang akan dipromosikan saat Visit Bengkulu 2020 nanti.


Lanjut, menuju ke gerbang pendakian Gunung Kaba. Terdapat dua jalur pendakian menuju puncak Kaba, yakni jalur utama dan jalur terdahulu (melalui hutan). Saya memutuskan untuk mendaki melalui jalur utama. Tiba di pos penitipan motor pkl 17:12. Bayar jasa parkir Rp.15,000; dan registrasi pendaki Rp.6,000; per nyawa. Mulai mendaki dari gerbang jalur utama pkl 17:30.

Jalur yang ditempuh cukup bersahabat dan tidak terlalu menguras energi. Tiba di tempat camping pkl 19:15 dengan catatan +- 7 kali berhenti istirahat. Cuaca cukup bersahabat, tidak hujan tetapi berkabut dan cukupdingin; perkiraan saya suhunya mencapai 14 celcius.


Unfortunately, Kabut tak jua hilang dari puncak Kaba sejak malam hingga siang pkl 11:00. Padahal sudah bangun pkl 05 subuh dan langsung menuju sisi barat untuk mengejar moment Sunrise dan hendak berpose a la di atas awan. Well, mungkin tidak sesuai target saya untuk bisa dapat foto dengan background kawah hitam dan danau  hijau khas Gunung Kaba kaeran alasan yang sama; Mist not gonna miss today. Tetapi di perjalanan saya kali ini, memang target utama saya adalah Experience, Explore, dan Moment. Explore rute sekaligus menambah pengalaman baru mendaki gunung api Lagipula, sensasi Misty morning di gunung Kaba yang masih cukup misterius ini benar-benar akan selalu saya ingat.



DOKUMENTASI :



    Pemandangan danau Mas dilihat dari salah satu lahan/kebun di sekitar danau tersebut.



   A Mystical misty morning next to the crater


   On My way to the peak...

   The Man and The Mist.


Comments

Popular posts from this blog

GEOSAINS : TSUNAMI FLORES 12 DESEMBER 1992

TENTANG REPTIL DAN MAMALIA (LEADERSHIP)

MY TRIP TO AN INCREDIBLY BLUE AND CRYSTAL CLEAR ‘DANAU KACO’, KERINCI